Uni Eropa Kecam Pembunuhan Pemimpin Hamas

Uni Eropa Kecam Pembunuhan Pemimpin Hamas

Uni Eropa Kecam Pembunuhan Pemimpin Hamas

BRUSSELS – Menteri Luar Negara negara anggota Uni Eropa (UE) mengecam keras tindakan pembunuhan pemimpin Hamas di Dubai. Menteri-menteri UE ini mengecam keras penggunaan paspor warga Eropa dalam aksi keji ini.

Meskipun pihak Menteri UE menyatakan, kecamannya atas tewasnya Mahmoud Al Mabhouh pada 19 Januari lalu, UE sendiri tidak secara spesifik mengarahkan kecamannya kepada pihak Israel. Sebelumnya pembunuhan atas Al Mabhouh sendiri memang diduga dilakukan oleh Dinas Intelijen Israel, Mossad.

Kecaman yang dikeluarkan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Uni Eropa di Brussels, Belgia, tidak ditanggapi serius oleh pihak Israel. Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman, yang bertemu dengan Menlu UE di sela-sela pertemuan menyatakan, tidak ada bukti keterlibatan Israel atas aksi pembunuhan ini.

“Tidak ada bukti keterlibatan Israel atas insiden ini, jika ada pihak yang bisa mengajukan bukti, kami (Pemerintah Israel) akan segera mengambil tindakan,” ucap Menlu Israel Avigdor Lieberman seperti dikutip BBC, Selasa (23/2/2010).

“Namun hingga kini tidak ada bukti konkrit yang dapat diajukan, maka Israel tidak perlu mengambil tindakan,” tambah Lieberman.

Komentar Lieberman ini dikeluarkan setelah para menlu UE mengeluarkan pernyataan mengenai pembunuhan terhadap Mahmoud Al Mabhouh di Dubai. Pernyataan itu memicu isu yang amat menganggu.

“Kami (UE) mengecam penggunaan paspor serta kartu kredit milik warga anggota negara Uni Eropa yang dicuri oleh pihak pelaku pembunuhan,” pernyataan Menlu UE.

Sebelumnya Menlu UE sempat melakukan pertemuan secara tertutup dengan Menlu Israel Avigdor Lieberman. Usai pertemuan, Menlu Inggris David Miliband meminta kepada Menlu Lieberman untuk memperlihatkan keseriusan mereka mengingat banyaknya paspor warga Inggris digunakan dalam aksi pembunuhan ini.

Memang pernyataan dari Menlu UE tidak menyebutkan spesifik keterlibatan Israel, namun Dinas Intelijen mereka, Mossad ditengarai sebagai pelaku utama dalam pembunuhan ini.

Mahmoud Al Mabhouh dibunuh di sebuah hotel mewah di Dubai, usai dirinya melakukan perjalanan dari Suriah. Dalam rekaman CCTV hotel diketahui, para pembunuh yang menyamar mengikuti Al Mabhouh ke kamarnya.

Pihak penyelidik Dubai menemukan jika pelaku pembunuhan diduga menggunakan paspor palsu. Pelaku di antaranya menggunakan paspor dari Inggris, Irlandia, Prancis dan Jerman.

Pihak kepolisian Dubai terus mencari kemungkinan bukti baru atas kasus ini. Kepala Polisi Dubai Letnan Jenderal Dhahi Khalifan Tamim mencari kemungkinan, jika pelaku menggunakan paspor diplomatik dalam melakukan aksi pembunuhannya.

Uni Eropa, Uni Eropa kini, Uni Eropa terkini, Uni Eropa terbaru, Uni Eropa baru, Uni Eropa skandal, gambar Uni Eropa, foto Uni Eropa, video Uni Eropa, biodata Uni Eropa, biografi Uni Eropa, sejarah Uni Eropa, web Uni Eropa, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita asia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Uni Eropaan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, asia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Uni Eropa, baru, macam-macam, Bf-1,ekonomi, teknologi,sains dan teknologi,