Rencana Ryanair Tak Sebatas Kabin Berdiri

Rencana Ryanair Tak Sebatas Kabin Berdiri

9

Pesawat Ryanair

Rencana Ryanair Tak Sebatas Kabin Berdiri

VIVAnews – Maskapai penerbangan murah Ryanair tengah menggagas terobosan gila: membuka layanan “karcis berdiri.” Dengan membeli karcis itu, penumpang harus tetap berdiri selama penerbangan berlangsung kendati harga yang dibayar bisa 50 persen lebih murah dari tiket biasa.

Menurut juru bicara Ryanair, Stephen McNamara, usulan tiket berdiri itu masih harus menunggu persetujuan otoritas keselamatan penerbangan. Bila disetujui, Ryanair rela mempreteli 4 atau 5 deret kursi di sejumlah pesawatnya untuk menjadi ruangan khusus bagi para penumpang berdiri.

Ryanair juga tengah menggagas ide itu dengan perusahaan pembuat pesawat Boeing. Namun, bukan kali ini saja Ryanair membuat inovasi melawan arus.

Menurut laman CNBC.com, Juni lalu maskapai asal Irlandia mengungkapkan rencana tidak akan lagi membuka layanan check-in bagasi. Artinya, penumpang harus mengurus sendiri pemeriksaan koper-koper mereka kepada petugas keamanan.

Tak hanya itu, penumpang juga harus mengangkut sendiri koper mereka ke bagasi pesawat. Rencana itu akan berlaku mulai awal tahun depan.

Kepala Eksekutif Korporat Ryanair, Michael O’Leary, mengungkapkan bahwa peniadaan layanan itu bisa memangkas waktu pemuatan koper ke bagasi dan mengurangi risiko hilangnya koper milik penumpang. Yang penting lagi, perusahaan bisa berhemar US$42 juta per tahun.

Ryanair pun juga berupaya memangkas jumlah toilet di dalam pesawat, dari tiga menjadi satu unit. Tujuannya, agar bisa menambah enam kursi lagi atau mungkin ruangan yang lebih luas untuk kabin khusus penumpang berdiri.

Ryanair pun juga mematok tarif untuk pemakaian toilet pesawat, yaitu sebesar 1 pound sterling (sekitar Rp. 18.000).

Ryanair, Ryanair berita, Ryanair kini, Ryanair dunia, Ryanair Ryanairia, Ryanair malaysia, Ryanair melayu, Ryanair indon, Ryanair indonesia, Ryanair kl, Ryanair foto, Ryanair gambar, Ryanair terkini, Ryanair web, Ryanair harian, Ryanair baru, Ryanair bf1, beritabf1, berita bf1, berita kini, beritakini, berita malaysia, berita indon, berita indonesia, berita dunia, berita harian, berita majalah, berita baru, berita Ryanairia, berita artis, berita hiburan, berita kawan, berita politik