Ratusan Ditahan Israel Tanpa Tuduhan

Ratusan Ditahan Israel Tanpa Tuduhan

1

Ratusan Ditahan Israel Tanpa Tuduhan

WASHINGTON – Salwa Salah berusia 16 tahun ketika ditahan pasukan Israel dan dipenjara selama tujuh bulan. Namun hingga kini dia tidak mengetahui kejahatan yang dilakukan dan berjuang untuk membawa hidupnya kembal normal.

Dia dibebaskan tak lama sebelum ujian akhir sekolahnya. Namun sayangnya Salah tak bisa mengejar ketinggalan dan harus duduk kembali di bangku SMU sebelum dapat kuliah di universitas.

Salah ditahan di bawah penahanan administratif, tanpa tuduhan atau persidangan. Penahanan administratif memang legal di bawah undang-undang internasional, yang bisa digunakan hanya untuk kasus-kasus yang dikecualikan untuk melindungi keamanan negara.

Namun Israel melanggar hak tersebut.

Sebuah laporan yang dirilis pada Rabu kemarin oleh kelompok pembela hak asasi manusia B’Tselem dan HaMoked menyerukan Israel untuk membebaskan para tahanan atau mengadili mereka. Saat ini ada 335 warga Palestina yang ditahan dengan hukuman administratif, tiga di antaranya adalah perempuan dan seorang anak-anak.

Ketika ditanya mengenai kasus Salah, jaksa penuntut Israel menyebutkan bahwa gadis itu terlibat dalam perencanaan sebuah operasi militer. Salah membantah dan menegaskan dirinya adalah seorang pelajar, bukan teroris.

Berbicara kepada CNN mengenai penahanan terhadap dirinya, Salah mengatakan kondisi penjara hanya layak bagi binatang. Dia juga menghabiskan waktu dengan kondisi psikologis yang berat. “Para tahanan tidak tahu apakah mereka akan dibebaskan atau tidak,” kata dia, yang dikutip pada Kamis (15/10/2009).

“Duduk di penjara dalam keadaan kalut dan lelah dengan pertanyaan ‘apakah saya akan dibebaskan?’.”

Israel mengatakan penahanan administratif bernilai sebagai perangkat pencegahan dalam perang melawan terorisme, dan bukti-bukti yang ada kerap kali tidak bisa diungkap ke publik. Letnan Kolonel Maurice Hirsch, seorang jaksa Israel mengatakan, sebagian besar bukti tidak diungkap kepada para tahanan.

“Bukti-bukti dirahasiakan dalam rangka melindungi kehidupan orang-orang yang menyediakan informasi,” kata dia.

Ratusan, Ratusan kini, Ratusan terkini, Ratusan terbaru, Ratusan baru, Ratusan Ratusan, gambar Ratusan, foto Ratusan, video Ratusan, biodata Ratusan, biografi Ratusan, sejarah Ratusan, web Ratusan, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita Ratusania, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Ratusanan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, Ratusania, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Ratusanan, baru, macam-macam, Bf-1