Presiden Korsel Siagakan Tentara

Presiden Korsel Siagakan Tentara

KOREA-NORTH/

Presiden Korsel Siagakan Tentara

SEOUL – Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-bak kemarin memerintahkan militer untuk siaga penuh terhadap serangan Korea Utara (Korut) meskipun saat ini kedua negara dalam status damai.

Dia mengungkapkan bahwa negara komunis itu terus menebar berbagai ancaman terhadap Korsel. “Korut telah meningkatkan krisis di semenanjung Korea dengan peluncuran rudal dan uji coba nuklir kedua setelah membuat komentar mengenai konfrontasi militer,” ujar Lee pada parade militer dalam rangka perayaan Hari Angkatan Bersenjata.

Dia memerintahkan militer untuk tetap menjaga kewaspadaan meskipun proses perdamaian tetap jalan terus. “Dialog dengan Korut seharusnya tidak harus mengompromikan nilai-nilai dan prinsip kita,” papar Lee.

“Militer kita harus mampu berperang apalagi Korut telah mengembangkan ancamannya dengan program nuklir dan rudalnya,” imbuhnya.

Korut mengembangkan rudal jarak jauh pada 5 April. Itu dilakukan sebagai bentuk respons terhadap tekanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Padahal, Korut telah keluar dari perundingan enam negara dan melakukan uji coba bom atom pada Mei 2005. Pada Agustus silam, setelah berbulan-bulan melakukan propaganda dan ancaman verbal, Pyongyang memulai menunjukkan sinyal untuk memulai perdamaian dengan Korsel dan Amerika Serikat.

Pyongyang juga mengirimkan delegasi ke Seoul pada Agustus untuk menghadiri pemakanan mantan Presiden Kim Dae-jung. Hanya, Seoul dan Washington masih mengkaji tawaran tersebut. Apalagi, Korut belum menunjukkan sinyal-sinyal menuju kompromi yaitu mengakhiri program nuklirnya.

Presiden, Presiden kini, Presiden terkini, Presiden terbaru, Presiden baru, Presiden skandal, gambar Presiden, foto Presiden, video Presiden, biodata Presiden, biografi Presiden, sejarah Presiden, web Presiden, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita asia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita harian, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, asia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, harian, baru, macam-macam, Bf-1