Popularitas PM Najib Merosot

Popularitas PM Najib Merosot

MALAYSIA-ECONOMY/REFORM

Popularitas PM Najib Merosot

KUALA LUMPUR – Popularitas Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak merosot dalam jajak pendapat yang dirilis kemarin. Ini menunjukkan pudarnya kepercayaan rakyat negeri jiran dalam enam bulan pemerintahan Najib.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan Merdeka Centre, sebanyak 56% dari 1.027 orang yang disurvei menyatakan sangat puas atau cukup puas dengan kinerja Najib sebagai PM. Angka ini turun dari 65% dukungan yang diperolehnya pada Juni silam.

Besarnya dukungan yang diperoleh pada Juni silam merupakan buah dari berbagai kebijakan ekonomi dan perhatiannya pada etnik minoritas di Malaysia dalam 100 hari pertama pemerintahannya. Sayangnya, dukungan itu tidak bertahan lama.

“Rakyat mulai tidak percaya setelah senang di awal pemerintahan PM, baru saat dia membuat banyak pengumuman kebijakan,” papar Direktur Merdeka Centre Ibrahim Suffian kemarin.

Survei Merdeka menunjukkan, dukungan terhadap Najib merosot di antara seluruh kelompok etnik di Malaysia yang didominasi Melayu muslim serta minoritas China dan India. Dalam jajak pendapat terbaru, 23% responden kecewa dengan kinerja Najib. Tidak jauh beda dengan survei Juni yang menunjukkan 22% responden kecewa dengan kinerjanya.

Survei itu melibatkan 60% etnik Melayu, 30% etnik China, dan 9% etnik India. Ibrahim menjelaskan, koalisi berkuasa Barisan Nasional (BN) saat ini memerlukan dukungan publik setelah kemenangan pemilu sela akhir pekan ini.

Kursi Bagan Pinang di parlemen negara bagian Negeri Sembilan saat ini dipegang oleh BN dan tampaknya koalisi berkuasa memiliki peluang kuat mempertahankan kursi tersebut.

Oposisi akan diwakili oleh seorang kandidat yang berasal dari partai Islam PAS, satu dari tiga partai utama pada aliansi itu. Najib bertekad meraih kembali dukungan dari kelompok minoritas yang dalam pemilu tahun lalu mendukung oposisi. Selama ini minoritas China dan India merasa mendapatkan diskriminasi di bidang pendidikan, perumahan, dan lapangan kerja oleh berbagai kebijakan pemerintah yang proetnik Melayu.

Popularitas, Popularitas kini, Popularitas terkini, Popularitas terbaru, Popularitas baru, Popularitas Popularitas, gambar Popularitas, foto Popularitas, video Popularitas, biodata Popularitas, biografi Popularitas, sejarah Popularitas, web Popularitas, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita Popularitasia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Popularitasan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, Popularitasia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Popularitasan, baru, macam-macam, Bf-1