PM Baru Jepang ke Korsel

PM Baru Jepang ke Korsel

JAPAN-POLITICS/

PM Baru Jepang ke Korsel

SEOUL – Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama tiba di Korea Selatan dalam rangkaian kunjungan pertamanya ke Asia, Jumat (9/10/2009). Kunjungan dilakukan menjelang pertemuan tingkat tinggi trilateral di Beijing beberapa hari mendatang.

Hatoyama, yang menjabat mulai pertengahan September, akan bertemu Presiden Lee Myung-bak sebelum bergabung dengan Perdana Menteri China Wen Jiabao di Beijing untuk dialog tiga hari. Mereka akan membahas upaya membawa Korea Utara kembali kepada pembicaraan enam negara, dalam rangka perlucutan senjata nuklir.

Pada Senin lalu Korut mengatakan kepada Wen bersedia kembali ke pembicaraan yang ditinggalkan pada April lalu, namun jika Pyongyang bisa bernegosiasi langsung dengan Amerika Serikat.

Sepanjang tur Asianya, sebagaimana dikutip dari AFP, Hatoyama juga akan menjelaskan kebijakan diplomatik pemerintahan kiri-tengahnya, yang lebih menyukai pendekatan perdamaian dengan negara tetangga.

Hubungan Jepang dengan Korsel dan China kerap mengalami ketegangan di bawah pemerintahan Partai Demokratik Liberal (LDP) yang menguasai Jepang selama setengah abad.

Hatoyama pertama kali muncul di forum internasional ketika menghadiri Sidang Majelis Umum PBB di New York bulan lalu, di mana dia bertemu dengan Lee Myung-bak dan Presiden China Hu Jintao.

PM, PM kini, PM terkini, PM terbaru, PM baru, PM PM, gambar PM, foto PM, video PM, biodata PM, biografi PM, sejarah PM, web PM, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita PMia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita PMan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, PMia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, PMan, baru, macam-macam, Bf-1