Pengusaha Yahudi Incar Al Jazeera

Pengusaha Yahudi Incar Al Jazeera

5

Pengusaha Yahudi Incar Al Jazeera

DOHA – Seorang taipan media Israel berniat membeli jaringan televisi satelit Al Jazeera dari Pemerintah Qatar. Haim Saban telah mengajukan penawaran kepada Pemerintah Qatar untuk membeli separuh dari jaringan satelit Al Jazeera yang berbasis di Doha.

Surat kabar Mesir al-Mesryoon melaporkan bahwa miliarder Israel itu kini terlibat negosiasi dengan Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani mengenai pembelian sebagian outlet media itu. Pembicaraan akan dilakukan melalui mediasi Mesir.

Dikutip dari Press TV, Jumat (9/10/2009), kabar itu muncul di tengah-tengah laporan bahwa saluran berita Arab terbesar dan paling kontroversial di Timur Tengah itu tengah bergulat dengan krisis keuangan yang buruk. Saban sebelumnya telah membuat penawaran untuk membeli Al Jazeera pada 2004, namun ditolak.

Seban menurut dugaan mengajukan penawaran USD5 miliar bagi saluran berita populer berbahasa Arab itu, dalam upaya untuk menguasai dan menyiarkan pesan-pesan pro-Israel sehingga dapat mempengaruhi opini Arab terhadap rezim garis keras Tel Aviv yang dipimpin Benjamin Netanyahu.

Al Jazeera menghadirkan revolusi media di dunia Arab setelah didirikan pada 1996. Jaringan itu memperoleh sumbangan keuangan, diperkirakan mencapai USD70 juta per tahun, namun tanpa siaran yang mengkritik Pemerintah Qatar. Namun begitu, Al Jazeera menyiarkan sejumlah program yang mengkritik seluruh pemerintahan Arab.

Saban mencapai keuntungan besar dengan membeli hak memasarkan tayangan anak Jepang The Power Rangers di Amerika. Dia adalah pendukung setia Israel dan pemerintahan sayap kanan Netanyahu. Sebagai tambahan, pengusaha Yahudi kelahiran Mesir ini dikenal dengan transaksi di bawah mejanya.

Pengusaha, Pengusaha kini, Pengusaha terkini, Pengusaha terbaru, Pengusaha baru, Pengusaha Pengusaha, gambar Pengusaha, foto Pengusaha, video Pengusaha, biodata Pengusaha, biografi Pengusaha, sejarah Pengusaha, web Pengusaha, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita Pengusahaia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Pengusahaan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, Pengusahaia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Pengusahaan, baru, macam-macam, Bf-1