Pasukan AS Keluhkan Persenjataan

Pasukan AS Keluhkan Persenjataan

8

Pasukan AS Keluhkan Persenjataan

WASHINGTON – Setelah delapan tahun terjun dalam perang di Afghanistan dan di tengah meningkatnya jumlah korban yang jatuh, muncul keluhan mengenai kualitas senjata dan peralatan yang diberikan kepada pasukan Amerika Serikat, terutama M4.

Sejumlah pasukan AS di Irak dan Afghanistan selama bertahun-tahun telah mengeluh terhadap kemacetan yang dialami senapan M4 mereka.

Dilaporkan New York Times , sepekan yang lalu di sebuah pangkalan dekat Kamdesh, sebuah kota dekat Wanat di Afghanistan, delapan serdadu AS tewas. Meskipun tidak ada bukti langsung mengenai adanya kegagalan senjata, situasinya tampak sangat mirip dengan insiden di Wanat pada 13 Juli 2008, ketika kegagalan senjata menewaskan sembilan pasukan AS dan melukai 27 lainnya.

Pejabat kemiliteran mengatakan, jika sebuah senapan M4 dibersihkan dengan benar dan dirawat dengan baik, maka ia dapat memompa keluar lebih dari 3.000 butir peluru sebelum kegagalan terjadi.

“Terlalu dini untuk membuat asumsi mengenai kegagalan senjata itu,” kata Kolonel Angkatan Darat Wayne Shanks, juru bicara militer di Afghanistan, dikutip dari Press TV, Senin (12/10/2009). Dia juga menambahkan bahwa peninjauan atas pertempuran di Kamdesh saat ini masih berlangsung.

Studi yang dilakukan Douglas Cubbison of the Army Combat Studies Institute di Fort Leavenworth, saat ini belum dirilis, namun salinannya hasil studi sudah beredar di internet.

Penelitian Cubbison didasarkan pada keterangan dari tentara yang selamat dalam serangan di Wanat. Dia menggambarkan musuh yang ‘sangat terampil’ menyerang dengan senapan otomatis AK-47 dan roket pelontar granat.

Dia mengklaim bahwa meskipun persenjataan tentara AS secara rutin diperiksa oleh para komandan, senjata itu tetap mengalami kerusakan, terutama ketika senapan dalam keadaan otomatis penuh, yang bisa menembakkan ratusan peluru per menit.

Para prajurit juga mengalami kesulitan dengan senjata M249, yang lebih besar daripada M4 dan bisa menembak hingga 750 putaran per menit.

Pasukan, Pasukan kini, Pasukan terkini, Pasukan terbaru, Pasukan baru, Pasukan Pasukan, gambar Pasukan, foto Pasukan, video Pasukan, biodata Pasukan, biografi Pasukan, sejarah Pasukan, web Pasukan, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita Pasukania, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Pasukanan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, Pasukania, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Pasukanan, baru, macam-macam, Bf-1