Pasca Kudeta, Honduras Rusuh

Pasca Kudeta, Honduras Rusuh

1913904252-pasca-kudeta-honduras-rusuh

Demonstrasi di Tegucigalpa, Honduras, berlangsung ricuh

Pasca Kudeta, Honduras Rusuh

VIVAnews – Polisi dan tentara bentrok dengan ratusan ribu demonstran pendukung presiden yang terguling, Manuel Zelaya, di Tegucigalpa, Honduras, Senin 29 Juni 2009. Sedikitnya 15 orang terluka akibat bentrok dalam aksi protes di luar istana negara tersebut.

Polisi anti huru-hara dan prajurit militer menggunakan gas air mata untuk mematahkan perlawan demonstran. Para demonstran melempari petugas dengan batu dan botol. Akibat peristiwa tersebut, sedikitnya 38 demonstran ditangkap.

Petugas juga sempat menangkap empat wartawan dari kantor berita Associated Press dan tiga jurnalis dari stasiun televisi Telesur, Venezuela. Para pencari berita itu ditangkap di hotel mereka, diangkut menggunakan kendaraan militer, dan dibawa ke kantor imigrasi. Dua petugas imigrasi meminta mereka memperlihatkan visa. Para wartawan tersebut kemudian dibebaskan.

Sementara itu, beberapa pemimpin negara mulai dari Presiden Barack Obama hingga Hugo Chavez menuntut agar Presiden Manuel Zelaya yang digulingkan melalui kudeta militer, bisa kembali berkuasa.

Para pemimpin negara oposisi memanggil pulang duta besar mereka dari Honduras dan Presiden Nikaragua, Daniel Ortega, mengatakan bahwa El Salvador, Nikaragua dan Guatemala akan menghentikan hubungan perdagangan dengan Honduras selama setidaknya 48 jam. Presiden Venezuela, Hugo Chavez, berseru kepada rakyat Honduras untuk berjuang melawan pihak yang menggulingkan Zelaya.

“Kami siap mendukung pemberontakan rakyat Honduras,” kata Chavez. Chavez juga berjanji menunda pengiriman minyak dari Venezuela ke Honduras, dan meminta militernya untuk melawan pemerintahan boneka dan tirani tersebut.

Di Washington, Obama mengatakan bahwa Amerika Serikat akan berdiri di sisi demokrasi dan bekerja sama dengan negara lain dan organisasi internasional untuk mengatasi persoalan tersebut dengan damai.

Organisasi negara-negara Amerika akan melakukan pertemuan darurat Selasa ini untuk membicarakan solusi atas Honduras di bawah kesepakatan yang bertujuan untuk mencegah sejumlah kudeta yang selama beberapa generasi menyebabkan Amerika Latin dipimpin diktator militer.

Zelaya akan berbicara di depan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa hari ini untuk mencari dukungan dari 192 negara anggota majelis. (AP)

Honduras, Honduras berita, Honduras kini, Honduras dunia, Honduras asia, Honduras malaysia, Honduras melayu, Honduras indon, Honduras indonesia, Honduras kl, Honduras foto, Honduras gambar, Honduras terkini, Honduras web, Honduras harian, Honduras baru, Honduras bf1, beritabf1, berita bf1, berita kini, beritakini, berita malaysia, berita indon, berita indonesia, berita dunia, berita harian, berita majalah, berita baru, berita asia, berita artis, berita hiburan, berita kawan, berita politik