Obama: Lupakan Curiga Akibat Perang Dingin

Obama: Lupakan Curiga Akibat Perang Dingin

2

Barack Obama dan PM Rusia, Vladimir Putin

Obama: Lupakan Curiga Akibat Perang Dingin

VIVAnews – Presiden Barack Obama meminta Amerika Serikat dan Rusia menghilangkan kecurigaan akibat Perang Dingin. Obama juga menyerukan kedua negara membentuk kemitraan global yang sesungguhnya.

Obama berbicara di depan wisudawan di New Economic School di Moskow, Rusia, Selasa 7 Juli 2009. Ini merupakan hari kedua kunjungan Obama ke negara yang menjadi musuh AS dalam Perang Dingin tersebut. Untuk kali pertama, Obama juga bertemu dengan Perdana Menteri Vladimir Putin sebelum memberikan sambutan di upacara pelepasan sarjana di ibukota Rusia tersebut.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, kepada para wisudawan, Obama mengatakan bahwa mereka adalah generasi terkini yang akan dilahirkan di dunia yang terbelah. Obama mencoba meyakinkan bahwa dia menginginkan Rusia menjadi negara yang kuat, damai, dan makmur.

Dalam pidatonya, Obama mengatakan baik Rusia maupun AS memiliki tujuan yang sama, sebagai contoh, mencegah penyebaran senjata nuklir. “Bukan saya yang berhak menentukan kepentingan nasional Rusia, tetapi saya bisa memberi tahu kalian tentang kepentingan nasional AS, dan saya yakin kalian akan melihat latar belakang yang sama,” kata Obama.

Obama mengatakan, baik AS maupun Rusia tidak akan mendapat keuntungan dari perlombaan senjata nuklir di Asia Timur atau Timur Tengah. “Inilah kenapa kita harus bersatu dalam melawan Korea Utara dalam upaya mereka untuk menjadi kekuatan nuklir, dan mencegah Iran agar tidak mendapatkan senjata nuklir,” kata Obama.

Senin kemarin, setelah bertemu dengan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, Obama menandatangani delapan kesepakatan terpisah dengan Rusia. Kesepakatan itu antara lain, pakta untuk menegosiasikan perjanjian baru tentang kontrol senjata untuk menggantikan pakta Start I 1991 yang akan berakhir Desember nanti.

Obama, Obama berita, Obama kini, Obama dunia, Obama Obamaia, Obama malaysia, Obama melayu, Obama indon, Obama indonesia, Obama kl, Obama foto, Obama gambar, Obama terkini, Obama web, Obama harian, Obama baru, Obama bf1, beritabf1, berita bf1, berita kini, beritakini, berita malaysia, berita indon, berita indonesia, berita dunia, berita harian, berita majalah, berita baru, berita Obamaia, berita artis, berita hiburan, berita kawan, berita politik