Netanyahu mengatakan kesepakatan napi Hamas mungkin tidak terjadi

Netanyahu mengatakan kesepakatan napi Hamas mungkin tidak terjadi

NEWS-US-PALESTINIANS-ISRAEL-SWAP

Ditangkap tentara Israel Gilad Shalit yang terlihat dalam video ini dirilis ambil 2 Oktober 2009 oleh televisi Israel.

Netanyahu mengatakan kesepakatan napi Hamas mungkin tidak terjadi

YERUSALEM, November 24, 2009 (Reuters) – Sebuah pertukaran tawanan Israel dengan Hamas belum disepakati dan mungkin tidak terjadi, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Selasa, setelah rekan kabinet senior meramalkan sebuah terobosan dalam beberapa minggu.

“Masih belum ada kesepakatan, dan aku tidak tahu apakah akan ada satu,” Netanyahu, yang keengganan di negara-Mesir dan perundingan yang ditengahi Jerman telah membantu mencadangkan spekulasi mengenai akan segera berlangsung, kepada wartawan.

Pemimpin Hamas, kelompok Islam yang berkuasa di Jalur Gaza, berada di Kairo untuk membahas usulan swap dari tawanan tentara Israel Gilad Shalit selama ratusan orang Palestina dipenjara.

Pejabat yang dekat dengan perundingan mengatakan pada hari Senin bahwa Israel telah membatalkan keberatan terhadap sekitar 160 tahanan bahwa Hamas ingin disertakan dalam daftar rilis.

Tapi kedua belah pihak telah putus asa spekulasi bahwa mungkin pertukaran di tempat secepat Muslim Jumat perayaan Idul Adha.

Israel telah lama menolak keras pemberian amnesti kepada Palestina dipenjara karena serangan yang menewaskan warganya. Sementara sinyal fleksibilitas dalam usahanya untuk memulihkan Shalit, pemerintah Israel waspada terhadap reaksi domestik atas kesepakatan yang melejitkan Hamas.

“Harus ada semacam itu (swap), kita tidak akan hemat dengan diskusi publik. Kami tidak akan melakukannya sebagai fait accompli. Kami akan memungkinkan para menteri kabinet, dan masyarakat pada umumnya, untuk membahas masalah ini,” kata Netanyahu .

Tujuh atas menteri kabinet Israel telah membahas kesepakatan yang diusulkan pribadi. Salah satu dari mereka, Menteri Dalam Negeri Eli Yishai, go public pada hari Selasa dalam upaya jelas untuk menenangkan kekhawatiran Israel apapun di swap asimetris.

DEAL IN MINGGU?

“Insya Allah, itu akan disetujui,” Yishai, yang mengepalai ultra-Ortodoks Shas pihak Yahudi, mengatakan kepada Radio Israel. “Semua menteri, tanpa kecuali, berpikir bahwa segala sesuatu harus dilakukan untuk membawa dia (Shalit) pulang.”

“Saya sangat berharap bahwa itu akan dapat diselesaikan segera, dalam waktu tidak lebih dari beberapa minggu,” tambahnya.

Shalit diculik oleh orang bersenjata Palestina pimpinan Hamas di tahun 2006 serangan di perbatasan Gaza, dan Israel bertekad untuk mengamankan pembebasannya.

Tawanan release yang tidak kurang emotif untuk Palestina, yang melihat mereka dipenjara hampir 11.000 saudara-saudara sebagai pahlawan dari sebuah perjuangan untuk mendirikan negara merdeka di tanah yang diduduki Israel atau – dalam kasus Hamas – dari sebuah perang terbuka terhadap negara Yahudi.

Hamas menuduh Israel membangkitkan spekulasi tentang sebuah kesepakatan akan segera terjadi dalam upaya untuk menghasilkan tekanan rakyat Palestina pada gerakan Islam untuk bersantai dengan persyaratan dan mempercepat kesepakatan.

Beberapa menteri Israel telah mengatakan bahwa aktivis Fatah yang dipenjarakan Marwan Barghouti harus dibebaskan sebagai bagian dari swap, berdebat pembebasannya akan membantu Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Tapi Wakil Perdana Menteri Silvan Shalom mengatakan pada hari Senin bahwa Barghouti, dipenjara seumur hidup pada tahun 2004 atas perannya dalam serangan di Israel, tidak akan dimasukkan dalam swap.

Netanyahu mengatakan pada hari Senin bahwa Israel menunggu “klarifikasi” dari tuntutan Hamas terbaru. Hamas mengatakan hari Selasa bahwa hal itu terlalu dini untuk mengharapkan kesepakatan segera terjadi dan menyalahkan Israel untuk terus-up.

“Kami di Hamas akan melanjutkan upaya kami, melalui pihak yang terlibat dalam file swap, untuk mengatasi kendala yang ditempatkan oleh musuh Israel,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Gaza.

Israel, memiliki sensor ketat dikenakan pada pers sendiri pelaporan perundingan, Hamas menuduh kebocoran dari media menipu. Hamas mempercepat pembicaraan bulan lalu dengan menerbitkan sebuah “bukti hidup” video dari 23 tahun Shalit.

pelecehan tawanan, Benjamin Netanyahu, Bibi Netanyahu, Hamas, Hamas serangan, Hamas bendera, Hamas sejarah, tawanan Hamas kesepakatan, Hamas teroris, israel Netanyahu, jonathan Netanyahu, menteri Netanyahu, Netanyahu, Netanyahu Likud, Netanyahu pertemuan, Netanyahu org, Netanyahu website, Netanyahu youtube, perdana menteri Netanyahu, tahanan irak, tahanan foto, Yonatan Netanyahu, Netanyahu, Hamas, tawanan, perjanjian, terjadi