NASA Sukses Orbitkan 2 Satelit di Bulan

NASA Sukses Orbitkan 2 Satelit di Bulan

2835901455-nasa-sukses-orbitkan-2-satelit-di-bulan

Roket Atlas V meluncur dengan membawa 2 satelit ke bulan

NASA Sukses Orbitkan 2 Satelit di Bulan

VIVAnews – Dua satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tiba di orbit bulan,  Selasa 23 Juni 2009. Kedua satelit yang diluncurkan Kamis pekan lalu itu telah memulai proses pemetaan permukaan bulan untuk mempersiapkan misi di masa depan.

Satelit Orbiter Eksplorasi Lunar (LRO) akan membuat peta tiga dimensi permukaan bulan beresolusi tinggi memasuki orbit bulan lebih awal. Dua jam kemudian Pesawat Observasi Kawah Bulan (LCROSS) mengikuti lintasan bulan terhadap bumi. Pesawat ini mengirim video yang ditayangkan langsung di laman NASA selama satu jam.

Laman stasiun televisi CNN memberitakan dua satelit itu diluncurkan 18 Juni lalu dengan menggunakan roket Atlas V. Misi mereka merupakan langkah pertama NASA sebelum kembali ke bulan dan mendatangi Mars.

Selama misi LRO dan LCROSS, NASA akan mengumpulkan seluruh data, termasuk peta suhu malam dan siang hari. NASA menyatakan ada perbedaan jelas di area kutub bulan yang lebih banyak menerima cahaya matahari. NASA juga memperkirakan adanya cadangan air di wilayah ini.

Gambar topografi bulan beresolusi tinggi produksi NASA (AP/NASA)

LCROSS dijadwalkan mendarat di bulan pada 9 Oktober untuk mencari air dan es di kawah gelap di Kutub Selatan bulan.

Sementara itu, data dari LRO akan digunakan untuk merencanakan pendaratan di bulan. Pesawat ini akan menghabiskan waktu setahun untuk mencari lokasi pendaratan potensial bagi astronot.

NASA, NASA berita, NASA kini, NASA dunia, NASA asia, NASA malaysia, NASA melayu, NASA indon, NASA indonesia, NASA kl, NASA foto, NASA gambar, NASA terkini, NASA web, NASA harian, NASA baru, NASA bf1, beritabf1, berita bf1, berita kini, beritakini, berita malaysia, berita indon, berita indonesia, berita dunia, berita harian, berita majalah, berita baru, berita asia, berita artis, berita hiburan, berita kawan, berita politik