Ledakan Misterius Bone Ulah Latihan Sukhoi

7

Ledakan Misterius Bone Ulah Latihan Sukhoi

JAKARTA – Misteri ledakan keras yang mengagetkan  masyarakat Kabupaten Bone Sulawesi Selatan kemarin terpecahkan. Ledakan yang diikuti dengan bumbungan asap itu muncul berbarengan dengan latihan enam pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara.

Keenam pesawat yang terdiri dari 3 pesawat Sukhoi, 2 jenis Boeing dan 1 helikopter itu tengah melakukan latihan rutin di atas Kabupaten Takalar yang berjarak sekira 80 kilometer dari Kota Makassar dan 300 arah timur Kabupaten Bone. Sukhoi terbang pada ketinggian 10 ribu sampai 30 ribu kaki di angkasa.

“Pesawat Sukhoi latihan yang bisa menimbulkan sonic boom. Nah, karena kemarin latihannya tidak melebihi kecepatan suara maka tidak ada sonic boom,” kata Komandan Landasan Udara Sultan Hasanuddin Marsekal Ida Bagus Putu Dunia, Jumat (9/10/2009).

Menurut laman Wikipedia, sonic boom (gelombang kejut) ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca. Karena itu pesawat supersonik biasanya tidak terbang supersonik di atas daerah berpenduduk.

Namun, saat dikonfrontir dengan fakta adanya kepulan asap hingga ke permukaan tanah sebagaimana ditayangkan televisi termasuk getaran bermagnitude 1,9 Skala Richter, Putu Dunia tak mau berkomentar. “Saya tidak menonton jadi tidak bisa borkomentar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Putu Dunia juga membantah spekulasi yang berkembang bahwa ada pesawat milik TNI yang jatuh karena kecelakaan.

Ledakan, Ledakan kini, Ledakan terkini, Ledakan terbaru, Ledakan baru, Ledakan Ledakan, gambar Ledakan, foto Ledakan, video Ledakan, biodata Ledakan, biografi Ledakan, sejarah Ledakan, web Ledakan, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita Ledakania, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Ledakanan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, Ledakania, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Ledakanan, baru, macam-macam, Bf-1