Krisis, Bank di Amerika Latin Malah Untung

Krisis, Bank di Amerika Latin Malah Untung

5

Krisis, Bank di Amerika Latin Malah Untung

MEKSIKO – Lembaga rating Standard & Poor’s mengungkapkan bank-bank di Amerika Latin akan mendapat keuntungan di kuartal kedua. Padahal, krisis ekonomi telah membuat bank-bank tersebut ketergantungan terhadap deposito ketimbang mengucurkan pinjaman.

Seperti dilansir dari AFP, Selasa (13/10/2009), sebagian besar bank-bank di Amerika Latin akan mengakhiri periode (kuartal kedua) dengan keuntungan. Meskipun faktanya kegiatan ekonomi menurun dan dalam pertumbuhan ekonomi masih berfluktuatif.

“Dari bank-bank yang dinilai, kita tidak melihat masalah pada sistem perbankan seperti yang terlihat di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia,” tukas Analis Standard & Poor’s Angelica Bala.

Sekadar informasi, bank-bank di Amerika Latin lolos dari krisis likuiditas karena mereka tidak mempunyai operasi yang canggih seperti adanya pinjaman kredit instrumen derivatif.

Adapun sektor kredit swasta di Amerika Latin mewakili rata-rata 20 persen dari PDB, dibandingkan sekira 80 persen dari perekonomian Spanyol dan sekira 100 persen di Amerika Serikat (AS). Bagaimanapun juga, bank di Amerika Latin mengalami penurunan aktivitas lebih parah antara 2009 dan 2010 dibandingkan AS.

Sementara kapitalisasi dan likuiditas bank-bank di Brasil, yang merupakan wilayah ekonomi terbesar, akan membantu melindungi dampak penurunan aset dan investasi.

Menurut Komisi Ekonomi PBB untuk Amerika Latin dan Karibia (ECLAC),  ekonomi Amerika Latin diperkirakan turun 1,9 persen pada tahun ini, meskipun tanda-tanda positif pada akhir tahun bisa mengakibatkan penyusutan 1,5 persen secara keseluruhan.

Krisis, Krisis kini, Krisis terkini, Krisis terbaru, Krisis baru, Krisis Krisis, gambar Krisis, foto Krisis, video Krisis, biodata Krisis, biografi Krisis, sejarah Krisis, web Krisis, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita Krisisia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Krisisan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, Krisisia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Krisisan, baru, macam-macam, Bf-1