Israel Tak Mau Diseret ke ICC

Israel Tak Mau Diseret ke ICC

10

Israel Tak Mau Diseret ke ICC

YERUSALEM – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak akan mengizinkan warganya diseret ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas tuduhan kejahatan perang di Jalur Gaza.

Berdasarkan laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa bulan lalu yang dirilis misi independen pencari fakta internasional yang dipimpin mantan jaksa ICC Richard Goldstone, Israel dan kelompok bersenjata Palestina melakukan kejahatan perang dalam konflik yang terjadi akhir tahun lalu. Dengan demikian, baik Israel atau pun kelompok bersenjata itu, layak diseret ke ICC untuk dimintai tanggung jawabnya.

Netanyahu menganggap, laporan yang mengecam Israel itu membahayakan proses perdamaian Timur Tengah.

Sikap itu dilontarkan Netanyahu kemarin, atau beberapa hari sebelum Dewan Keamanan PBB membahas laporan kejahatan perang dalam 22 hari agresi Israel di Gaza.

“Misi kami pertama ialah menghentikan serangan (tuduhan laporan) ini. Ini dokumen yang menyesatkan. Ditulis oleh komite menyesatkan yang mengabaikan hak Israel untuk membela diri. Laporan ini mendukung teror dan membahayakan perdamaian,” tegas Netanyahu, mengulangi komentar yang diucapkannya di Majelis Umum PBB.

Menurutnya, Pemerintah Israel tidak akan membiarkan situasi yang membuat kepemimpinan politik dan pejabat militer masa perang harus diadili atas konflik yang menewaskan 1.400 warga Palestina dan 13 warga Israel.

“Kami tidak akan membiarkan keadaan di mana (mantan PM) Ehud Olmert, (menteri pertahanan) Ehud Barak,dan (mantan menteri luar negeri dan pemimpin oposisi saat ini) Tzipi Livni yang mengirim tentara kami untuk mempertahankan kota-kota dan warga negara kami,duduk di kursi terdakwa di Den Haag,” papar Netanyahu merujuk pada ICC.

Israel, Israel kini, Israel terkini, Israel terbaru, Israel baru, Israel Israel, gambar Israel, foto Israel, video Israel, biodata Israel, biografi Israel, sejarah Israel, web Israel, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita Israelia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Israelan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, Israelia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Israelan, baru, macam-macam, Bf-1