Gapai Reformasi Birokrasi, Depkeu Investasi SDM

Gapai Reformasi Birokrasi, Depkeu Investasi SDM

9

Gapai Reformasi Birokrasi, Depkeu Investasi SDM

JAKARTA – Salah satu faktor kemajuan program reformasi birokrasi Departemen Keuangan (Depkeu) terletak pada pegawai. Berhasil atau tidaknya mencapai tujuan tergantung dari kualitas individu.

Segala hal yang berkaitan dengan pegawai negeri sipil (PNS), sebelumnya selalu disebut dengan istilah “kepegawaian” yang identik dengan urusan administratif, seperti pengangkatan, kepangkatan dan penggajian pegawai, penyelesaian mutasi pemberhentian, dan pemensiunan, serta tata usaha kepegawaian.

Konsekuensinya hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan dan pengembangan pegawai menjadi kurang tampak, sehingga terkesan tidak menjadi prioritas organisasi.  Melihat kondisi tersebut, Depkeu pun mengambil langkah dengan berinvestasi dalam bentuk pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Perubahan paradigma kepegawaian dimulai sejak akhir 2006, ditandai dengan kajian mengenai penajaman fungsi Biro Kepegawaian sebagai unit yang melaksanakan pengelolaan dan pembinaan kepegawaian.

Kajian meliputi perbaikan mekanisme kerja dan desain struktur organisasi untuk mengoptimalisasikan fungsi berupa, perencanaan sumber daya manusia dan rekrutmen, pembangunan pola mutasi, pembangunan system assesment center, pembangunan sistem informasi kepegawaian yang terintegrasi, peningkatan akuntabilitas dan peningkatan koordinasi dan kolaborasi dengan unit pembina kepegawaian dan unit teknis terkait.

Perubahan istilah “kepegawaian” dan “sumber daya manusia” merupakan bagian dari perubahan paradigma pembinaan SDM dalam konteks reformasi birokrasi Depkeu. Perubahan tersebut tidak semata-mata menyangkut istilah, tetapi diyakini merupakan sistem pengelolaan dan pembinaan SDM. Wujud konkret dari peningkatan SDM ini adalah penyeleggaraan diklat berbasis kompetensi.

Prinsip peningkatan manajemen SDM meliputi peningkatan kualitas, penempatan SDM yang kompeten pada tempat dan waktu yang sesuai, sistem pola karir yang jelas dan terukur, pengelolaan SDM berbasis kompetensi, serta keakuratan dan kecepatan penyajian informasi SDM sesuai kebutuhan manajemen.

Program peningkatan manajemen SDM terdiri dari penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi, pembangunan assesment center, penyusunan pola mutasi, peningkatan disiplin dan pengintegrasian Sistem Informasi Pegawai (SIMPEG).

Depkeu Investasi , Depkeu Investasi  kini, Depkeu Investasi  terkini, Depkeu Investasi  terbaru, Depkeu Investasi  baru, Depkeu Investasi  skandal, gambar Depkeu Investasi , foto Depkeu Investasi , video Depkeu Investasi , biodata Depkeu Investasi , biografi Depkeu Investasi , sejarah Depkeu Investasi , web Depkeu Investasi , berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita asia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita harian, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, asia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, harian, baru, macam-macam, Bf-1