China-Rusia Teken Pakta Rudal Balistik

8

China-Rusia Teken Pakta Rudal Balistik

BEIJING – China dan Rusia mencapai kesepakatan dan siap untuk menandatangi pakta baru mengenai penggunaan rudal balistik. Kesepakatan ini sebagai bagian dari kunjungan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin pekan ini ke Beijing.

Kedua negara juga menyepakati kerja sama senilai USD3,5 miliar terkait dengan suplai gas dan minyak. Hal ini sebagai langkah awal untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dua negara komunis itu, yang renggang sejak dekade 1950-an.

“Ini terlihat sebagai kerja sama yang spesial di antara dua negara terkait dengan penggunaan rudal balistik yang merupakan perjanjian rahasia yang tidak disampaikan ke negara lain,” ujar pengamat milir dari Universitas Pertahanan Nasional China Li Daguang kepada Global Times seperti disitat Reuters, Rabu (14/10/2009).

Sebelumnya telah ada perjanjian serupa antara Rusia dengan Amerika pada 1971 pada saat dua negara masih terlibat dalam perang dingin. Namun demikian, perjanjian antara China dan Rusia ini disebut-sebut memiliki sejumlah perbedaan dengan perjanjian Rusia dengan Amerika. Sayang, tidak diperinci apa saja perbedaan dua perjanjian tersebut.

China, China kini, China terkini, China terbaru, China baru, China China, gambar China, foto China, video China, biodata China, biografi China, sejarah China, web China, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita Chinaia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Chinaan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, Chinaia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Chinaan, baru, macam-macam, Bf-1