China dan Korut Perkuat Hubungan

China dan Korut Perkuat Hubungan

NEWS-US-KOREA-NORTH-CONFIRM

China dan Korut Perkuat Hubungan

SEOUL – China dan Korea Utara (Korut) berikrar memperkuat kerja samanya. Kedua negara juga berkomitmen memelihara perdamaian regional.

Poin tersebut diperoleh dalam kunjungan Perdana Menteri (PM) China Wen Jiabao ke Korut dengan mengemban misi membawa Pyongyang kembali ke pembicaraan perlucutan nuklir.

“Sejarah membuktikan, perkembangan hubungan China-Korut sejalan dengan kepentingan fundamental dan aspirasi bersama kedua belah pihak serta kondusif untuk menjaga stabilitas dan perdamaian regional,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China mengutip pernyataan Presiden Hu Jintao dan Wen.

Dalam pernyataan ditambahkan, China pada prinsipnya siap bekerja sama dengan Korut dalam kerangka hubungan yang lebih baik lagi dan hubungan yang kooperatif. Pernyataan yang dibuat untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara tersebut, datang pada hari kedua kunjungan Wen di Pyongyang.

Senada dengan China, pemimpin Korut Kim Jong-il dalam pernyataannya menyebut hubungan bilateral kedua negara didasari sikap “kemauan bersama”. “Perkembangan dan konsolidasi hubungan ini adalah berkat posisi konsisten partai kami dan pemerintah,” ujar Kim dalam pernyataannya.

Pejabat lainnya menambahkan, kedua negara telah melakukan “kontribusi penting” untuk memelihara perdamaian regional dan dunia.

China, China kini, China terkini, China terbaru, China baru, China skandal, gambar China, foto China, video China, biodata China, biografi China, sejarah China, web China, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita asia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Chinaan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, asia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Chinaan, baru, macam-macam, Bf-1