Cermati Penguatan Rupiah Terhadap Utang Dolar

Cermati Penguatan Rupiah Terhadap Utang Dolar

1

Cermati Penguatan Rupiah Terhadap Utang Dolar

JAKARTA – Pemerintah harus mencermati dampak menguatnya nilai tukar rupiah terkait dengan pinjaman luar negeri oleh swasta dan dampak dari bubble economy.

Pinjaman luar negeri yang berlebihan yang dilakukan oleh swasta pada saat nilai tukar rupiah mengalami tren menguat, bisa kembali menimbulkan pengulangan krisis ekonomi seperti tahun 1998 yang lalu.

“Karena utang di luar lebih murah,” ujar Ekonom Aviliani sesaat sebelum menghadiri Acara Silaturahmi dan Syawalan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), di Ruang Mezzanie, Gedung Departemen Keuangan, di Jakarta, Kamis (15/10/09) malam.

Hal ini akan berakibat buruk ketika ternyata nilai mata uang rupiah melemah, maka utangnya akan menjadi berkali lipat. “Rupiah gonjang-ganjing, balonnya (bubble economy) pecah lagi,” tambahnya.

Namun, Aviliani menambahkan, hingga akhir tahun 2009 bahkan hingga Agustus 2010 tidak akan ada kekhawatiran akan terjadi gejolak terhadap nilai tukar. Hal ini dikarenakan hingga Agustus tahun depan belum ada perbaikan di negara-negara lain. “Hingga Agustus 2010, saya menduga masih oke,” tambahnya.

Rupiah, Rupiah kini, Rupiah terkini, Rupiah terbaru, Rupiah baru, Rupiah Rupiah, gambar Rupiah, foto Rupiah, video Rupiah, biodata Rupiah, biografi Rupiah, sejarah Rupiah, web Rupiah, Rupiahta terkini, Rupiahta terbaru, Rupiahta penting, Rupiahta dunia, Rupiahta Rupiahia, Rupiahta malaysia, Rupiahta melayu, Rupiahta indon, Rupiahta indonesia, Rupiahta kl, Rupiahta tv, Rupiahta Rupiahan, Rupiahta gay, Rupiahta artis, Rupiahta hiburan, Rupiahta sukan, Rupiahta ekonomi, Rupiahta sains, Rupiahta teknologi, Rupiahta kesihatan, Rupiahta sejarah, Rupiahta politik, Rupiahta bf1, dunia, Rupiahia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Dolaran, baru, macam-macam, Bf-1