Bom Dekat Kedubes India, 12 Tewas

Bom Dekat Kedubes India, 12 Tewas

2

Bom Dekat Kedubes India, 12 Tewas

KABUL – Sebuah ledakan besar yang berasal dari bom mobil di dekat Kedutaan Besar India di Kabul, Afghanistan, menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 83 lainnya.

Jendela-jendela terhempas dari puluhan toko, Kamis (8/10/2009). Sementara korban selamat tampak berjalan sempoyongan di area diplomatik yang dijaga ketat itu. Insiden ini merupakan serangan bunuh diri kelima di Kabul dalam dua bulan terakhir.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab. Namun beberapa ledakan terakhir diyakini dilakukan oleh Taliban, yang berupaya menggulingkan pemerintahan yang disokong Barat.

“Akibat bom mobil bunuh diri hari ini, 12 orang menjadi syuhada dan 83 lainnya terluka. Sebagian besar korban adalah warga sipil,” ujar juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Zemarai Bashary kepada AFP.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Hamid Karzai menyatakan serangan itu sebagai tindakan barbarian. “Ini adalah serangan teroris, dan jelas ditujukan bagi warga sipil Afghanistan,” tegas dia.

Menteri Luar Negeri India Nirupama Rao di New Delhi mengatakan bahwa kedutaan besarnya jelas-jelas menjadi target. Rao mengatakan tidak ada warga India yang tewas, namun tiga anggota Kepolisian Perbatasan Indo-Tibetan yang menjaga tempat itu mengalami luka terkena pecahan bom.

Serangan serupa di Kedubes India di Kabul terjadi pada Juli 2008 dan menewaskan 60 orang. Serangan tersebut diyakini dilakukan oleh pejuang Taliban yang terkait badan intelijen Pakistan, sehingga menambah ketegangan antara New Delhi dan Islamabad.

Bom, Bom kini, Bom terkini, Bom terbaru, Bom baru, Bom skandal, gambar Bom, foto Bom, video Bom, biodata Bom, biografi Bom, sejarah Bom, web Bom, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita dunia, berita asia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita Boman, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, dunia, asia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Boman, baru, macam-macam, Bf-1