Beri Kesaksian ke PBB, Warga Palestina Ditangkap Israel

Beri Kesaksian ke PBB, Warga Palestina Ditangkap Israel

5722502bd60893c8

Beri Kesaksian ke PBB, Warga Palestina Ditangkap Israel

JENEWA – Tentara Israel menahan warga Palestina, Mohammad Srour, setelah dia kembali dari memberi kesaksian di Kantor PBB di Jenewa, Swiss. Gerakan Solidaritas Internasional (ISM) melaporkan tindakan Israel itu kemarin.

Menurut ISM, Srour ditangkap pada 20 Juli 2009 saat melintasi Jembatan Allenby dari Yordania. Srour dan Jonathan Pollack memberi kesaksian kepada PBB di Jenewa pada 6 Juli 2009 mengenai pembunuhan dua pemuda oleh tentara Israel saat demonstrasi di Ni’lin. Jika Srour merupakan warga Palestina, Pollack merupakan warga Israel yang mendukung perjuangan hak asasi rakyat Palestina.

Srour merupakan anggota Komite Populer Menentang Tembok Pemisah Ni’lin yang berpartisipasi dalam demonstrasi menentang pendudukan tanah Ni’lin oleh Israel. Dia dan Pollack menjadi saksi penembakan dua warga Ni’lin, Arafat Rateb Khawaje, dan Mohammed Khawaje, pada 28 Desember 2008, saat demonstrasi solidaritas Gaza. “Saya sadar sepenuhnya bahwa saya akan membayar harga untuk kesaksian ini saat saya kembali melintasi perbatasan Israel dalam perjalanan pulang setelah pemeriksaan ini,” papar Mohammad Srour saat memberi kesaksian di PBB selama empat menit.

Srour ditahan di perbatasan Jembatan Allenby dan dibawa ke Penjara Ofer. Kemarin, dia diinterogasi tentara Israel dan pengacaranya meminta pemeriksaan darurat hari ini. Dia tampaknya akan diadili hari ini untuk mendengar dakwaan jaksa terhadapnya. Desa Ni’lin terletak di Tepi Barat, wilayah yang diduduki Israel. Warga Ni’lin menggelar demonstrasi sejak Pemerintah Israel mulai melakukan pembangunan Tembok Pemisah di tanah desa tersebut pada Mei 2008.

Sejak saat itu, tentara Israel telah menewaskan 5 penduduk Ni’lin dan melukai seorang orang aktivis solidaritas asal Amerika Serikat.

Berdasarkan keterangan petugas medis yang menjadi sukarelawan di Bulan Sabit Palestina, lebih dari 450 orang terluka sejak berbagai demonstrasi pada April 2009. Beberapa laporan organisasi hak asasi manusia menunjukkan, kekerasan yang dilakukan tentara Israel meningkat secara dramatis selama dan setelah 22 hari agresi militer Israel di Gaza yang dimulai pada 27 Desember 2008. Tentara Israel telah menewaskan 3 demonstran Ni’lin sejak serangan ke Gaza.

Tentara Israel menggunakan senjata jenis baru untuk melumpuhkan para demonstran. Mereka menggunakan peluru gas air mata berkecepatan tinggi dan amunisi aktif kaliber 0,22 yang ditembakkan sniper untuk membubarkan kerumunan massa. Sementara kemarin, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa pemerintahannya tidak berniat membongkar tembok pemisah Tepi Barat.

Dia tetap bersikeras bahwa tembok tersebut merupakan komponen penting dalam keamanan Israel. Media Israel melaporkan, Otoritas Palestina telah menyampaikan permintaan kepada Presiden AS Barack Obama agar tembok pemisah itu dibongkar karena situasi keamanan di Tepi Barat telah membaik.

Netanyahu mengatakan kepada anggota parlemen di Knesset bahwa tembok tersebut harus dianggap berperan dalam memulihkan keamanan dan mencegah masuknya pejuang Palestina ke kota-kota Israel. “Sebagai hasilnya, tembok tersebut tetap dipertahankan,” katanya.

PBB ,PBB  berita, PBB  kini, PBB  dunia, PBB  asia,PBB  malaysia, PBB  melayu, PBB  indon, PBB  indonesia, PBB  kl, PBB  foto, PBB  gambar, PBB  bf1, berita dunia, berita majalah, berita baru, berita asia, berita artis, berita hiburan, berita kawan, berita politik, berita-berita, beritakini, beritadunia, beritaasia, beritamalaysia, beritamelayu, beritaindon, beritaindonesia, beritakl, beritafoto, beritagambar, beritaterkini, beritaweb, beritaharian, beritabaru, beritabf1, beritatv, berita8, beritagay, beritapenting, beritabulan, beritakasa, beritaawas, berita2, beritascander, beritajalan, beritamaju, beritasukan, berita kini, berita dunia, berita asia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita foto, berita gambar, berita terkini, berita web, berita harian, berita baru, berita bf1, berita tv, berita 8, berita gay, berita penting, berita bulan, berita kasa, berita awas, berita scander, berita jalan, berita maju, berita sukan, berita, kini, dunia, asia, malaysia, melayu, indon, indonesia, kl, foto, gambar, terkini, web, harian, baru, bf1