Baru 10 Bank Terapkan Risk Based Audit

Baru 10 Bank Terapkan Risk Based Audit

10

Baru 10 Bank Terapkan Risk Based Audit

JAKARTA – Ikatan Auditor Intern Bank (IAIB) mencatat,baru 10 bank dari 138 bank papan atas Indonesia yang menerapkan audit berbasis risiko (risk based audit/ RBA).

RBA merupakan metode yang diperuntukkan bagi auditor perbankan dalam penyusunan laporan audit keuangan sesuai standardisasi Bank Indonesia atau standar internasional lainnya. “RBA digunakan untuk meningkatkan efisiensi serta memperkuat daya saing khususnya dengan kelompok bank asing.” ungkap Ketua Umum IAIB Iryanto H Hutagaol di Jakarta baru-baru ini.

Iryanto mengatakan, pendekatan audit bank telah berubah dari semula berbasis kepatuhan (compliance) menjadi risk based supervision.

Menurut dia, perkembangan manajemen perbankan itu akan mengefisiensikan proses audit perbankan karena sebagian besar proses audit telah diantisipasi risikonya dengan baik. Praktisi Risk Management dari Banker Association for Risk Management (Bara) Jos Luhukay menjelaskan, tantangan perbankan nasional ke depan makin kompleks, terlebih bank nasional harus berkompetisi dengan bank-bank asing. Bank harus melakukan mitigasi risiko agar terhindar dari risiko yang tidak perlu. Terkait dengan itu, IAIB, Bara, dan Ikatan Bankir Indonesia (IBI) akan melakukan sertifikasi auditor perbankan nasional.

“Dari 400 anggota, kami menargetkan dapat melakukan sertifikasi auditor sebanyak 100 orang pada 2010.” jelasnya. Sementara Deputi Gubernur BI Muliaman D Hadad menjelaskan bahwa regulator akan mendukung program sertifikasi auditor dari pihak asosiasi. Penerapan manajemen risiko yang semakin baik itu akan mendukung ekspansi bisnis tetap agresif,namun tetap berjalan dalam koridor yang telah dipastikan tingkat keamanannya.

Rupiah, Rupiah kini, Rupiah terkini, Rupiah terbaru, Rupiah baru, Rupiah Rupiah, gambar Rupiah, foto Rupiah, video Rupiah, biodata Rupiah, biografi Rupiah, sejarah Rupiah, web Rupiah, Rupiahta terkini, Rupiahta terbaru, Rupiahta penting, Rupiahta dunia, Rupiahta Rupiahia, Rupiahta malaysia, Rupiahta melayu, Rupiahta indon, Rupiahta indonesia, Rupiahta kl, Rupiahta tv, Rupiahta Rupiahan, Rupiahta gay, Rupiahta artis, Rupiahta hiburan, Rupiahta sukan, Rupiahta ekonomi, Rupiahta sains, Rupiahta teknologi, Rupiahta kesihatan, Rupiahta sejarah, Rupiahta politik, Rupiahta bf1, dunia, Rupiahia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Dolaran, baru, macam-macam, Bf-1