Antisipasi Penurunan Pajak Sudah Disiapkan

Antisipasi Penurunan Pajak Sudah Disiapkan

6

Antisipasi Penurunan Pajak Sudah Disiapkan

JAKARTA – Situasi ekonomi yang belum pulih akibat imbas krisis membuat penerimaan pajak masih jauh dari target. Realisasi pemungutan pajak yang baru diterima sekira Rp377,8 triliun dari target Rp401,4 triliun.

“Situasi ekonomi belum pulih semuanya, kalau kita lihat PPN impor masih jauh dari target. PPh khususnya large tax office (LTO) itu masih di bawah target,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Departemen Keuangan Anggito Abimanyu setelah menghadiri acara Silahturahmi dan Syawalan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Ruang Mezzanine, Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Kamis (15/10/2009) malam.

Menyikapi hal ini, pemerintah telah memiliki opsi untuk memenuhi target penerimaan hingga akhir tahun. “Kita akan hit kembali, berapa realisasi yang paling realistis untuk kita,” ujarnya, sambil menekankan penurunan realisasi pajak ini tidak akan berdampak kepada APBN.

Sebelumnya, Ditjen Pajak mencatat adanya penurunan penerimaan pajak termasuk PPh migas sampai dengan September atau triwulan III-2009 sebesar Rp377,8 triliun.

Kalau dibandingkan dengan penerimaan pada periode yang sama pada 2008, penerimaan September tahun ini turun hanya 91,53 persen dari tahun lalu mencapai Rp412,8 triliun. Padahal Ditjen Pajak menargetkan hingga triwulan III-2009 ini pajak bisa tercapai Rp401,4 triliun.

Rupiah, Rupiah kini, Rupiah terkini, Rupiah terbaru, Rupiah baru, Rupiah Rupiah, gambar Rupiah, foto Rupiah, video Rupiah, biodata Rupiah, biografi Rupiah, sejarah Rupiah, web Rupiah, Rupiahta terkini, Rupiahta terbaru, Rupiahta penting, Rupiahta dunia, Rupiahta Rupiahia, Rupiahta malaysia, Rupiahta melayu, Rupiahta indon, Rupiahta indonesia, Rupiahta kl, Rupiahta tv, Rupiahta Rupiahan, Rupiahta gay, Rupiahta artis, Rupiahta hiburan, Rupiahta sukan, Rupiahta ekonomi, Rupiahta sains, Rupiahta teknologi, Rupiahta kesihatan, Rupiahta sejarah, Rupiahta politik, Rupiahta bf1, dunia, Rupiahia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, Dolaran, baru, macam-macam, Bf-1