18 Negara Gelar Simulasi Siaga Tsunami

18 Negara Gelar Simulasi Siaga Tsunami

3

18 Negara Gelar Simulasi Siaga Tsunami

BANDA ACEH – Musibah gempa dan tsunami di Aceh pada 2004 lalu serta yang terbaru ini di Padang, Sumatera Barat, menjadi pelajaran berarti bagi PBB. Sebanyak 18 negara dijadwalkan melakukan simulasi siaga tsunami.

PBB dalam pernyataannya seperti dikutip The Straits Times, Kamis (15/10/2009) mengungkapkan di antara negara-negara yang akan melakukan simulasi adalah Australia, India, Malaysia, Maladewa, Mauritania, Myanmar, Singapura, dan Sri Lanka.

Saat ini belum ada alat yang dapat mendeteksi datangnya gempa secara pasti. Sementara negara-negara di kawasan Samudra Hindia dan Pasifik sangat rentan dengan gempa. Berbagai pengamat dan badan geologi menyatakan gempa di atas 6 Skala Richter berpotensi menimbulkan tsunami.

Meski kehadiran tsunami bisa diprediksi tak lama setelah gempa terjadi, namun antisipasi di masyarakat terkadang lamban. Masyarakat terkadang sudah panik lebih dulu karena gempa.

Indonesia merupakan salah satu negara yang progresif melakukan proyek pemasangan alat deteksi tsunami sejak 2005.

Namun beberapa ahli mempertanyakan efektivitas alat peringatan dini tsunami. Efektivitas itu terkait interval waktu antara datangnya gelombang dan bunyi alarm yang sangat pendek. Sehingga warga tidak akan memiliki waktu banyak untuk menyelematkan diri.

Latihan siaga tsunami menjadi alternatif lain untuk menangkal jatuhnya banyak korban.

18 Negara, 18 Negara kini, 18 Negara terkini, 18 Negara terbaru, 18 Negara baru, 18 Negara 18 Negara, gambar 18 Negara, foto 18 Negara, video 18 Negara, biodata 18 Negara, biografi 18 Negara, sejarah 18 Negara, web 18 Negara, berita terkini, berita terbaru, berita penting, berita 18 Negara, berita 18 Negaraia, berita malaysia, berita melayu, berita indon, berita indonesia, berita kl, berita tv, berita 18 Negaraan, berita gay, berita artis, berita hiburan, berita sukan, berita ekonomi, berita sains, berita teknologi, berita kesihatan, berita sejarah, berita politik, berita bf1, 18 Negara, 18 Negaraia, malaysia, melayu, indon, indonesia, foto, gambar, terkini, web, 18 Negaraan, baru, macam-macam, Bf-1